-->

Mengintip Kegiatan Tasmi' Al-Qurán di Pondok Tahfidz Alam Tunas Mulia Bantar Gebang


                                        Tasmi' Hafalan Al-Quran oleh ananda Aam Qomariyah
Tahfidz Al-Quran adalah kegiatan menghafal Al-Quran yang menjadi budaya dan rutinitas wajib di Pondok Tahfidz Alam Tunas Mulia Bantar Gebang. Kegiatan menghafal Al-Qurán dijadwalkan setiap hari yakni ba'da subuh dan ba'da maghrib. Namun, kegiatan murojaáh (pengulangan) hafalan bisa dilakukan diwaktu kosong kapan saja. Untuk memperkuat hafalan Al-Qurán, bagi santri yang sudah memiliki hafalan minimal 3 Juz harus ditasmi' dihadapan seluruh santri, baik santriwan maupun santriwati.
                                              Kegiatan tasmi' hafalan Al-Qurán 3 Juz sekali duduk
Apa itu tasmi'? tasmi' berasal dari bahasa Arab yakni "Sami'a-Yasma'u" yang artinya mendengarkan. kata tersebut diserap dalam bahasa Indonesia menjadi "sima'an" atau "simak". dan dalam bahasa Jawa biasa disebut dengan "sema'an". Tasmi' merupakan ujian hafalan Al-Qurán bil ghaib yang diperdengarkan dihadapan Muhaffidz dan Muhaffidzoh serta seluruh santri. Adapun kegiatan tasmi' di Pondok Tahfidz Alam Tunas Mulia dilaksanakan setiap hari sabtu atau ahad dalam satu pekannya. Kegiatan tasmi' (12/8) merupakan kegiatan tasmi' yang ke 10 sejak awal Februari 2023. Sejak diadakan kegiatan ini, seluruh santri ditargetkan untuk bisa mendaftar tasmi' satu santri dalam satu pekannya.
Santriwan dan santriwati turut meramaikan kegiatan Tasmi' dan menyimak dengan fokus.  
Dengan adanya kegiatan ini, santri diharapkan dapat meningkatkan kualitas hafalan Al-Qurán, karena semakin banyak muroja'ah (pengulangan) hafalan makan akan semakin kuat hafalannya. Selain itu kegiatan ini dapat melatih santri agar dapat fokus dan percaya diri dengan hafalannya. Namun yang terpenting adalah interaksi dengan Al-Qurán yang terus berkelanjutan diharapkan dapat membuat santri lebih mencintai Al-Qurán.


LihatTutupKomentar