-->

Pelatihan Tutor PKBM Tunas Mulia Bantar Gebang

Upgrading Tutor  PKBM Tunas Mulia  Tahun 2023

"Implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran PKBM"

Narasumber: 

Abdul Muhaimin, S.Ag 

(Forum Ketua PKBM Kota Bekasi)

&

E. Hamzah Suaidi, M.Pd

(Dosen UNJ dan STAl Al-Hikmah Jakarta)

(Bpk H. Nadam bersama bpk. Abdul Muhaimin, S.Ag)


(Bpk H. Nadam bersama bpk. E. Hamzah Suaidi, M.Pd)

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Yayasan Alam Tunas Mulia merupakan sebuah lembaga pendidikan yang dibentuk dalam bidang non formal. Tujuan dari PKBM adalah dapat memperluas kesempatan warga masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan seperti hal nya pendidikan formal pada umumnya. Namun harus sesuai dengan kondisi, potensi, dan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

PKBM Tunas Mulia memberikan beberapa kesetaraan, meliputi paket A, B, dan C. Pada umumnya PKBM memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat dimulai dari usia sekolah hingga usia kerja, sehingga dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin mencapai ketertinggalan pendidikannya. Sedangkan di Yayasan Alam Tunas Mulia, PKBM bukanlah layanan pendidikan yang hanya fokus bagi peserta didik yang tertinggal dan putus sekolah saja. Namun sebagian besar peserta didiknya meliputi santri tahfidz dan siswa dari Yayasan Tunas Mulia itu sendiri.

(Peserta (Akhwat) tutor PKBM Tunas Mulia)

(Peserta (ikhwan) tutor PKBM Tunas Mulia)

Adapun kegiatan upgrade tutor PKBM Tunas Mulia yang diadakan pada sabtu, 16 Desember 2023 merupakan kegiatan pelatihan untuk seluruh Tutor PKBM, dengan tujuan untuk mewujudkan peningkatan kualitas mengajar dengan melakukan pembelajaran yang efektif, sehingga diharapkan kinerja guru/tutor menjadi lebih profesional dan maksimal dalam proses pembelajaran di kelas.

Pelatihan ini dinarasumberi oleh Bapak Abdul Muhaimin, S.Ag selaku ketua forum PKBM kota Bekasi dan Bapak E. Hamzah Suaidi, M.Pd selaku Dosen UNJ dan STAI Al-Hikmah Jakarta Kegiatan ini merupakan bagian internal manajemen yang diadakan dalam rangka mengembangkan pengetahuan dan keterampilan guru terutama dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar.

(foto bersama Bpk Abdul Muhaimin, S.Ag)

(foto bersama Bpk E. Hamzah Suaidi, M.Pd)

Dengan terlaksananya kegiatan pelatihan tutor ini diharapkan dapat mewujudkan ukhuwah islamiyah yang kompak antar guru sehingga dapat menumbuhkan semangat kerja dan komitmen yang tinggi, serta mampu mencari alternatif penyelesaian masalah secara fungsional dalam mengembangkan ide-ide dan keputusan terbaik dalam proses belajar mengajar

LihatTutupKomentar